Jumat, 01 Mei 2015

Pengertian Kartu Nama

Gubernu Aceh Bagikan Kartu Nama ke Wartawan Asing
JDS -- Kartu nama atau dalam bahasa inggrisnya adalah name card adalah sebuah kartu kecil berukuran standart 9 x 5,5 cm yang berisi informasi tentang profile singkat seseorang, perusahaan, organisasi dan bagaimana cara menghubungi orang tersebut atau perusahaan yang tertera dalam kartu nama tersebut.
 
Kartu nama merupakan alat komunikasi non verbal, yang bersifat pratinggal yaitu informasi yang sengaja ditinggalkan dengan harapan seseorang akan menghubungi manakala mebutuhkan sesuatu yang menjadi konsentrasi yang tertera dalam kartu nama.
 
Pada prinsipnya kartu nama adalah salah satu bentuk media promosi tentang sebuah perusahaan ataupun individu. Maka dari itu, isi kartu nama pun berisi informasi tetang profilr singkat individu dan perusahaannya, diantaranya :
  • Nama individu / personal,
  • Jabatan,
  • Kontak person : nomor ponsel, pin BB, email,
  • Nama perusahaan/organisasi/asosiasi/instansi,
  • Alamat,  telephone, fax, & email  kantor perusahaan/organisasi/asosiasi/instansi,
  • Fokus atau jenis aktivitas perusahaan/organisasi/asosiasi/instansi,
  • Logo & moto perusahaan/organisasi/asosiasi/instansi
  • situs web perusahaan/organisasi/asosiasi/instansi
Kartu Nama, Arti dan Fungsinya
Bisa diprediksikan soal Kartu Nama tidak akan pernah surut, walau jaman sudah semakin canggih. Karena bentuk fisik kartu nama memiliki nilai legal formal bagi seseorang atau bagi sebuah asosiasi maupun perusahaan.
 
Informasi yang disediakan dalam kartu nama tidak bisa diwakili oleh smartphone dalam bantuk apapun atau secanggih apapun. Posisi kartu nama tidak bisa gantikan oleh apapun. Karena posisi kartu nama selain merupakan profile singkat juga merupakan merupakan jendela komunikasi atau pintu awal komunikasi.
 
Posisi kartu nama tidak bisa diwakili oleh Handphone maupun smartphone. Karena justru kartunamalah yang menyampaikan informasi seputar kontak yang harus dihubungi seperti nomor ponsel, pin BB, email, alamat, website, dll.
 
Beberapa fungsi kartu nama bisa dirumuskan, diantaranya :
  • Sebagai profile singkat,
  • Media promosi yang sederhana, singkat dan tepat,
  • Sebagai instrumen komunikasi,
  • Legal & Formal, yang mampu meyakinkan soal fokus & skill yang ditawarkan,
Manakala bertemu seseorang yang kita anggap penting ataupun memiliki nilai prospektif, maka selembar kartu nama akan menjadi sarana paling efektif untuk berkenalan dan mampu mengalahkan kecepatan handphone maupun smartphone yang tercanggih. Waouw ...
 
Selembar kartu nama yang kita sampaikan mampu memunculkan sebuah kesan dan rasa penasaran terlebih memunculkan sebuah kepercayaan profesionalisme. Disamping itu juga memberikan kesan sopan, ingat kita ini hidup di wilayah timur yang sangat menghargai sopan santun. 
 
Kartu Nama bagi siapapun dengan profesinya. Apakah dia seorang pebisnis, profesional dibidang tertentu, akademisi, organisatoris, pekerja dengan jabatan tertentu, seniman maupun lainnya.
 
Ada sebuah pertanyaan untuk anda, lebih cepat manakah antara kartu nama dengan smartphone anda ? saat anda berkenalan dengan seseorang ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar